Apa yang terjadi jika blog tidak diupdate selama beberapa minggu atau bahkan sampai 1 bulan lamanya?

Trafik

Tidak ada yang aneh dengan trafik Parko And dangerers. Trafik tetap normal, bahkan cenderung sedikit meningkat. Karena sejak Januari 2015 lalu saya mengganti domain  

Parko And dangerers
trafik otomatis jatuh saat itu, namun perlahan kembali normal dan terus naik. Dan tren kenaikan itu terus berlanjut bahkan ketika tidak ada artikel baru selama 1 bulan penuh!
trafik portaluang
Rank Alexa
Rank Alex ternyata jadi sedikit menggendut. Tapi hal ini tidak sepenuhnya saya mengerti kenapa seperti itu, padahal trafik harian tetap terjaga.
Jumlah komentar
Pada poin 4 di artikel ‘Cara Mendapatkan 10 Komentar di Setiap Posting Blog‘, saya menyebut menyebutkan tentang mengurangi frekuensi posting. Kembali, hal ini saya buktikan.
Selama 1 bulan tidak update, jumlah komentar justru meningkat cukup signifikan, yaitu sekitar 30 komentar per hari, yang sebelumnya hanya 20 per hari.
Pendapatan Adsense
Di dua minggu awal, pendapatan Adsense cenderung turun, namun ini sepertinya lebih karena memang trend pendapatan Adsense publisher Indonesia secara umum. Karena di dua minggu terakhir ini, pendapatan Adsense kembali naik.
Kesimpulan
Sepertinya tidak jadi masalah, ketika Anda ‘harus’ meninggalkan blog untuk beberapa lama tanpa artikel baru.
Namun demikian, ini tidak berlaku bagi semua jenis konten blog. Jenis konten yang ‘kejar-kejaran’ dengan waktu, seperti berita terkini, gadget dan semacamnya, mau tidak mau harus memiliki konten baru secara teratur, karena jika tidak, maka akan tertinggal. Maka dari itu, saya selalu menyarankan untuk fokus pada konten abadi.
Selain itu, saya sangat tidak menyarankan hal ini bagi sebuah blog baru. Bagaimanapun, sebuah blog baru memerlukan akselerasi maksimum untuk segera meraih basis pembaca. Jika mampu, bahkan saya menyarankan untuk update lebih dari 1 artikel per hari selama 3 bulan pertama.
Nah, bagaimana pendapat Anda? Pernahkah Anda tidak menulis blog selama 1 bulan penuh? Apa yang terjadi dengan blog Anda? Bagikan pengalaman melalui komentar.
Salam.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment